Minggu, 11 Oktober 2009

DEFINISI KOMPUTER


DEFINISI KOMPUTER
DEFINISI KOMPUTER adalah suatu alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian system yaitu hardware , software , brainware .
komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).



menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output.
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
ALAT-ALAT DEFINISI KOMPUTER


1. Input
Alat input adalah alat untuk memasukan data yang ingin di proses oleh computer. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input.
Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Alat-alat input :
1.keyboard
Keyboard adalah perangkat yang mempunyai tuts sama seperti mesin ketik ,yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi . Keyboard juga alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jenis-jenis keyboard :
- Serial
- Ps 2
- Usb
2. Mouse
Mouse adalah perangkat yang berfungsi untuk menggerakan pointer atau menunjukan perintah dan juga program pada layar monitor. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya.
- Serial
- Ps 2
- Usb
- Wireless
3. Scaner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy.
Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
4. Kamera Digita
Kamera digital adalah alat untuk mengambil foto dan dapat dimasukkan kedalam computer . Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
5. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
6. JOY Stick
Joy stick adalah alat untuk mendukung berbagai program permainan (game) pada computer .
7. Floppy Disk Drive
Floppy disk drive adalah untuk menulis, membaca, juga berfungsi sebagai alat output (perekam) data .
8. CD Room
CD room adalah alat untuk membaca CD/DVD pada computer .
9. DVD Room
DVD room adalah alat untuk membaca CD/RCD/DVD atau film
yang berkualitas tinggi pada komputer .
10. CD RW
CD RW adalah alat untuk membaca merekam (backup) data pada CD .
11.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
12. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

PROSES
2. Alat proses (cpu)
Alat proses adalah merupakan alat untuk unit terpenting di dalam system computer .
Tugas pertamanya adalah mengkontrol keseluruhan system computer selama proses pengolahan data berlangsung prangkat-prangkat alat proses
1. Casing
Casing adalah kotak pemungkus pengangkat keras (hardware) di dalam cpu . Casing juga menjadi tempat mendudukkan hard disk dan cd-rom drive. Selain sebagai pelindung fisik, casing yang baik juga berfungsi sebagai penyalur panas yang dihasilkan komponen elektronika
Bentuk-bentuk di dalam cpu
- Desktop (horizontal)
- Slim desktop
- Standart (vertical)
- Mini /middle tower
- Full tower
2.Power supply
Power supply adalah sebuah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik ke berbagai peraturan computer yang terdapat di dalam cpu perangkat ini memilliki 5 konektor atau lebih yang dapat disambung ke sebagai peralatan , contoh :
- Mother board
- Floppy diks drive
- Hard disk
- Cd room
- Dll
Jenis power supply
3 mother board

1. Socket Processor
2. socket Memory
3. Chipset 1
4. Socket Power Suplai
5. Socket Flopy Disk
6. Socket Harddisk
7. Socket Keyboard dan Mouse PS/2
8. USB Port
9. Printer Port
10. Slot AGP
11. Slot PCI
12. Slot ISA
13. BIOS
14. Chipset 2
Mother board adalah perangkat terpenting di dalam computer yang dijadikan media atau tempat untuk memasang atau meletakkan beberapa peralatan.
Komponen tersebut dinamakan Motherborad karena memang komponen ini merupakan komponen utama dari rangkaian CPU, jadi motherboard dapat diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Papan Induk atau papan utama
motherboard juga sering disebut sebagai mainboard. Juga ada beberapa istilah lain untuk menyebutnya, seperti mobo atau singkatan MB. Tugasnya pada PC adalah sebagai komponen circuit board utama yang menghubungkan banyak komponen lain. Mulai dari CPU/processor, RAM, video card, harddisk, dan seterusnya.
- Pada motherboard terdapat BIOS (Basic Input/Output System), yang akan di-loading .
- kali pertama sistem menyala. BIOS mendefi - nisikan komponen yang terhubung dengan
motherboard..
4.prosesor
Prosesor adalah sebuah chip (mikro prosesor ) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat computer sehingga dapat bekerja satu sama lain .
5. memori
Memori adalah perangkat yang berfungsi mengolah data dan intruksi . semakin besar memori yang disediakan , semakin banyak data dan intruksi yang dapat diolah .
6. VGA card
VGA card adalah perangkat berupa rangkaian elektronika berhenti seperti kartu yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan monitor.
Beberapa jenis VGA card
- Card VGA ISA
- Card VGA EISA
- Card VGA PCI
7. card I/o
Card i/o adalah sebuah card yang berfungsi menghubungkan motherboard dengan alat input dan alat output . ia juga berfungsi menghubungkan motherboard dengan harddisk dan floppy disk drive .
Beberapa jenis card I/o
- Card i/o ISA 8 bit
- Card i/o ISA 16 bit
- Card i/o ISA ELSO
8. sound card
Sound card adalah perangkat multimedia terbentuk seperti kartu yang berfungsi mengolah suara pada computer

Beberapa jenis sound card
- Sound card ISA 8 bit
- Sound card ISA 16 bit
- Sound card EISA
- Sound card PCI



9. hard disk
Harddisk adalah tempat penyimpan data dalam kapasitas besar. Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM.

10. modem
Modem adalah sebuah perangkat computer yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital pada jaringan internet . Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator.
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.

Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain


11. tv tuner
Tv tuner adalah alat untuk menerima siaran tv pada computer .
Jenis tv tunner
- Tv tunner internal
- Tv tunner inksternal

12. heatsink fan
Heatsink fan adalah perangkat yang berfungsi menyerap panas pada prosesor.

13. kabel
Kabel adalah sekumpulan baris kabel yang berungsi menghubungkan component computer yang satu dengan yang lain , seperti menghubungkan harddisk , floppy disk drive dll

OUTPUT


3. ALAT OUTPUT
Alat output adalah alat untuk menampilkan hasill pengolahan data yang dilakukan cpu . Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara
Beberapa alat output :
1. Monitor
Monitor adalah alat untuk menampilkan data atau informasi dalam bentuk text atau grafik Monitor juga suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread.
Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara phisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
Terdiri dari analog dan digital. Monitor digital memiliki sistem pengontrolan untuk brightness, kontrast, ukuran dan posisi layar dengan tampilan menu sedangkan jenis analog memakai tombol putar.
Beberapa jenis monitor
- CRT
- LCD


2. Printer
Printer adalah alat cetak informasi cetak computer . printer berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis
Jenis printer :
a. Printer Dot-Matrix
Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam.
Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.
b. InkJet Printer
Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.
c. Laser Printer
Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.



3. Speaker
Speaker adalah alat output suara . Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar.
Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

4. headphone
headphone adalah telephon kepala atau output suara untuk diletakkan di kepala.

ALAT PENYIMPANAN
4. alat penyimpan
Alat simpan (storage) adalah media yang dapat menyimpan data secara permanen dalam jangga waktu panjang yang suatu ketika dapat dibaca kembali . Peralatan Penyimpanan (Storage Device) adalah suatu peralatan hardware yang dirancang untuk menyimpan informasi. Ada dua type peralatan penyimpanan, yaitu :

1. Primary Storage Device, ada 4 bagian di dalam primary storage, yaitu :
- Input Storage Area
- Program Storage Area
- Working Storage Area
- Output Storage Area
Primary Memori Komputer terdiri atas 2 bagian :
> RAM (Random Access Memory)
Bagian dari man memori yang dapat kita isi dengan data atau proram dari disket dan sumber lain. Dimana data dapatditulis dan dibaca. RAM bersifat volatile, memori akses acak. Biasanya diguakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam computer digunakan untuk mengubah informasi secara aktif.
> ROM (Read Only Memory)
Memori yag hanya dapat dibaca. Pengisian ROM dengn program maupun data, dikerjakan oleh pabrik. ROM bersifat permanent, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik dimatikan.
2. Secondary Storage Device dikelompokkan dalam 3 bagian, yaitu :
> Piringan Magnetik
Piringan ini dapat berupa Har Disk dan Flash Disk.
> Pita Magnetik
Pita Magnetik dapat adalah piranti pengingat sekunder yang biasa digunakan untuk keperluan pencadangan.
> Piringan Optik
Piringan Optik adalah piringan yang dapat menampung data hingga ratusan kali disbanding disket.

BAGIAN-BAGIAN DARI KOMPUTER

1. Hardware
2. Software
3. Brainware

1.Hardware

Hardware adalah sturuktur perangkat keras computer . Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya. Contoh perangkat keras: printer, komputer, mouse, dsb.
2. Software
Software adalah struktur perangkat lunak komputer. Secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang. (Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb). Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras. Contoh perangkat lunak: program akuntansi, program MS Office, dsb.
3. Brainware
Brainware adalah pengguna / user Atau Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusia adalah yang merancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya.
Berdasarkan kegunaannya perangkat keras/hardware dibagi dalam tiga bagian utama : input, proses ,dan output.

4 komentar:

Mampos mengatakan...

Good... good.... good...

worldofchacha mengatakan...

mas makasih infonya.. guna nih, buat ujian besok.. :D

YOYO PASE mengatakan...

yoo . . sama2 . . makasi ya kunjungannya

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Poskan Komentar